acehplanet

Beda SATA dengan ATA

ATA (awalnya disebut IDE, Integrated Drive Electronics) kalo G salah singkatan dari Advance Technology Attachment..merupakan suatu standar yang digunakan untuk menentukan interface yag dirancang berdasarkan Bus ISA 16-bit yang juga digunakan pada PC, spesifikasi ATA berhubungan dengan daya dan interface sinyal data antara MOBO dengan controller DiskDrive dan hanya mendukung 2 perangkat saja, biasa disebut amster dan slave. Dan selama ini apa yang disebut ATA /PATA merupakan transmisi paralel, SATA dari kata serial ATA.
Perbedaan yang sangat mencolok dari PATA dan SATA adalah penampilan kabel, kabel PATA biasanya lebar dan pendek..namun kabel SATA biasanya kecil /sempit (sekitar 8 mm) namun bisa mentransmisikan data sepanjang 1 meter.
ATA dan SATA juga menggunakan kabel power yang berbeda….jadi kalo misal kita punya hardisk ATA dan ingin menggunakan transmisi SATA maka kita bisa memasangkan SATA Adapter pada hardisk.

eSATA sebenernya menggunakan perangkat yang sama dengan SATA hanya saja memiliki sedikit beda fungsi, dari namanya eSATA…e= external , artinya dia memiliki fungsi untuk akses data hardisk external.
Jadi untuk eSATA ini dibanding dengan SATA hanya meiliki nilai lebih pada kemudahan dan mobilitas perangkat storage external, namun kabel eSATA sedikit berbeda dibandingkan SATA biasa, kabel utama sebagai konektor eSATA lebih banyak menggunakan kabel eSATA II yang tidak memiliki lekuk L dibanding dengan kabel SATA I standar.

bingung kan....????? ane aja bingung he he he he he.........., so more searching and keep learning " BRO......!!!! "

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2011 Tulisan ku... | Themes by Edit-me.